Melindungi Indonesia Sehat Melalui Pencegahan Stunting dan Perlindungan Imunisasi – Melindungi dan menjaga keutuhan warga negara bangsa indonesia wajib di perhatikan. Salah satunya adalah dengan melakukan pencegahan  stunting dan perlindungan imunisasi dengan tujuan agar bangsa indonesia menjadi warga negara yang sehat. Namun, istilah stunting di masyarakat masih banyak yang belum mengetahui. Perlu diketahui bahwa Badan Kesehatan Dunia telah mengatakan, Negara Republik Indonesia berada di rangking ke 5 dengan jumlah anak yang terkena kondisi stunting.

Lalu, stunting itu apa ya ? Stunting ini yakni permasalahan yang ada pada gizi dan telah terjadinya kronis. Karena telah disebabkan oleh masukan gizi yang sangat kurang dalam waktu yang lama. Ini di karenakan para bunda memberikan asupan makanan yang memang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Penyakit stunting ini dapat terjadi dimulai ketika bunda sedang mengandungd dan akan terlihat ketika anak telah menginjak usia dua tahun.

Hal ini tentu saja harus di perhatikan oleh para orang tua untuk mencegah terjadinya stunting. Tanda – tanda terjadinya stunting pada anak dapat di kenali sebagai berikut :

  • Tinggi badan tidak ideal
  • Pertumbuhan tulang yang tertunda.
  • Berat badan si anak menjadi rendah dan jauh berbeda dari anak seusianya.

Sumber Gambar : www.sehatnegeriku.kemkes.go.id

Penyebab Terjadinnya Stunting

Adapun penyebab faktor utama pada stunting diantaranya sebagai berikut :

  • Ibu yang sedang hamil karena kurang mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Baik itu sedang hamil ataupun menyusui. Seperti kurangnya nutrisi yang mengandung protein, asam folat, omega 3 dan juga serat.
  • Asupan bayi tidak mendapatkan ASI terbaik serta jumlah kualitas MPASI yang tidak mencukupi untuk kebutuhan si kecil ketika sudah berusia 6 bulan ke atas.
  • Lingkungan sekitar yang kotor dan tidak sehat. Seperti kekurangan air bersih dan tidak mempunyai saluran pembuangan yang baik. Akibatnya, bayi terutama khususnya saat berusia kurang dari 2 tahun rawan terkena berbagai penyakit.

Pencegahan Stunting

Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Maka dari itu kita harus mencegah penyakit dari pada harus mengobati.

Penting sekali untuk mengetahui bagaimana caranya agar mencegah stunting ini.

  • Perlu memenuhi kebutuhan gizi saat bunda mengandung
    Perlu kita ketahui bahwa melakukan pencegahan stunting ini harus di lakukan sejak bunda dalam semasa kehamilan. Kita sebagai orang tua harusnya menyadari bahwa melakukan pencegahan stunting ini dapat di lakukan ketika sedang mengandung si kecil yang akan lahir ke dunia. Caranya dengan memberi dan memenuhi asupan gizi yang berkualitas.
  • Beri ASI Eksklusif
    Setelah si kecil lahir ke dunia. Maka jangan sampai lupa untuk memberikan ASI Eksklusif sampai anak usia 2 tahun. Karena pada ASI sendiri terdapat kandungan makro dan mikro yang dapat memenuhi kebutuhan bayi di bawah usia enam bulan.
  • Beri MP ASI
    MP ASI ini adalah Makanan pendamping Asi. Makanan pendamping asi ini harus di berikan kepada bayi setelah 6 bulan. Hal ini untuk memenuhi nutrisi bagi bayi dan mengenalkan makanan selain asi.
  • Selalu perhatikan pertumbuhan si kecil
    Sebagai orang tua yang baik. Kita harus menjaga serta memperhatikan perkembangan si kecil. Seperti memperhatikan pola makan, pola tidur dan sebagainya. Karena hal ini akan berdampak bagi si kecil untuk kedepannya.
  • Menjaga kebersihan lingkungan sekitar
    Kita juga harus selalu memperhatikan di lingkungan sekitar kita. Ketika lingkungan di sekitar kita telah bersih dan sehat maka kita tak perlu khawatir lagi pada apabila si kecil bermain kesana kemari.

Perlindungan Imunisasi

Kata imunisasi mungkin bagi kita sudah tidak asing lagi ya. Tentu saja, sebagai orang tua. Kita harus memperhatikan perlindungan imunisasi terhadap anak. Karena hal itu merupakan hak untuk anak. vaksin yang di suntikan ke dalam tubuh si bayi akan membantu sistem kekebalan tubuh si bayi untuk membentuk antibodi. Hal ini bertujuan agar si anak terhindar dari berbagai penyakit serta dapat melawannya.

Mengapa harus melakukan imunisasi terhadap anak ? Banyak sekali pendapat dari luar yang tidak masuk akal. kekhawatiran orang tua terhadap si anak menjadi salah satu penyebabnya. Padahal pemberian vaksin ini bertujuan untuk dapat mengebalkan tubuh si anak agar dapat melawan berbagai penyakit serta dapat terhindar dari hal yang tidak di inginkan. Memang, sebagai orang tua kita selalu khawatir, rasa takut dan gelisah efek pemberian vaksin terhadap anak akan berakibat fatal. Maka dari itu, kita sebagai orang tua perlu mengetahui serta berperan aktif dalam program – program kesehatan yang di adakan oleh pemerintah. Hal ini menghindari agar tidak terjadinya isu – isu yang tidak enak di dengar mengenai imunisasi tersebut.

Sumber Gambar : www.sehatnegeriku.kemkes.go.id

Selain itu, pendapat orang tua yang lainnya adalah karena tidak sempat karena sibuk bekerja dan tidak sempat datang ke posyandu atau puskesmas untuk memberikan imunisasi terhadap anak. Maka dari itu, luangkan waktu sebentar saja untuk dapat memberikan imunisasi agar anak terlindungi dari berbagai penyakit. Selain itu, imunisasi untuk bayi pun dijamin aman karena para ilmuan akan terus bekerja agar vaksin lebih aman dari waktu ke waktu.

Bagaimana jika anak tidak melakukan imunisasi ? Banyak sekali para orang tua yang meragukan program ini. Padahal program ini dapat membantu si anak menjadi lebih kebal terhadap penyakit. Mungkin saja apabila si anak tidak melakukan imunisasi akan rentan terkena penyakit karena tubuh si anak tidak mempunyai antibodi atau kekebalan di tubuhnya karena sistem kekebalan di dalam tubuh anak tersebut tidak sekuat seperti anak yang di imunisasi. Akibat hal ini anak akan menjadi rentan terkena penyakit dan dapat menularkan terhadap orang di sekitarnya.

Melindungi Indonesia Sehat

Melindungi Indonesia Sehat – Setelah mengetahui informasi mengenai pencegahan stunting dan perlindungan imunisasi. Kita sebagai orang tua perlu menyadari betapa pentingnya informasi mengenai kesehatan. Apalagi hal ini menyangkut kesehatan yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan. Karena pada era digital ini, kita dengan sangat mudah untuk mendapatkan informasi. Maka dari itu, kita harus berperan aktif dalam melindungi indonesia sehat melalui pencegahan stunting dan perlindungan imunisasi agar terhindar dari berbagai penyakit serta melindungi keluarga dalam pencegahan stunting.

Sebagai warga Negara Republik Indonesia. Kita wajib dan harus menjaga kelestarian alam sekitar agar alam menjadi bersabahat serta terhindar dari penyakit. Khususnya, kita juga harus menjaga kesehatan yang ada pada dalam diri serta seluruh keluarga melalui pencegahan stunting dan perlindungan imunisasi yang harus di perhatikan dan di ketahui oleh para orang tua maupun generasi anak bangsa selanjutnya.

Maka dari itu kita sebagai orang tua harus mengetahui serta mencegah stunting ini agar tidak terjadi di lingkungan indonesia agar menjadi bangsa yang bersih, sehat dan cerdas.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *